Masih gaib, Ada Uang Besar pada Balik Kasus Harun Masiku?

Mengecap kecewa dan amarah yang dirasakan masyarakat terhadap pemerintah dan DPR membuat para demonstran tidak peduli lalu dengan virus corona. Protokol kesehatan dalam aksi massa tentu sangat sulit dijalani. Maraknya politik berbiaya tinggi itu disebabkan masyarakat belum banyak yang sejahtera dan tingkat pendidikan yang redup memadai. Padahal, harapan dilaksanakan pemilu agar rakyat bisa memilih pemimpin yang mampu memperjuangkan cita-cita bangsa.

Intinya sih tugas dari KPK itu kayak polisi untuk urusan korupsi, terutama di badan pemerintahan. Mungkin lo udah nggak asing tengah sama berita kalo terdapat petugas KPK yang manggil salah seorang pejabat nun dicurigai melakukan tindakan muslihat. Bahkan bisa sampe untuk ke pengadilan yang dikenal dengan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang ada dalam Pengadilan Negeri Propinsi. Waktu ini pertanyaan selanjutnya, gimana gerangan Pemerintah nentuin program segala sesuatu aja yang mau dijalanin, siapa yang bertanggung menjawab untuk ngejalanin, kapan target dijalanin dan berapa estimasi biayanya? Nah, lo tau sendiri kan negara kita begitu luasnya, udah gitu kita juga termasuk negara kepulauan dan banyak daerah-daerahnya pun sangat bervariasi, baik dari sisi budaya, kelanjutan kemajuan, kronologi, pertambahan, pertumbuhan, perubahan, perurutan, urut-urutan, ekonomi, dan juga terusan. Oke, sekarang kan member udah tau apa sekadar kewajiban pemerintah, sumber pertimbangan uang pemerintah, dan pula mekanisme pemerintah untuk dapat tetap membiayai program kerjanya. Jadi penting banget untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden yang bisa kita percaya untuk bisa milih para Menteri yang subtil di bidangnya.

Namun demikian, transaksi ini juga bisa menandaskan waktu yang lama kalau salah menentukan jenis transfer. Selain itu, bila transfer antar bank dilakukan pada akhir bulan, maka akan terjadi keterlambatan/ delay selama 1 hari kerja karena memilikinya proses tutup buku. Dalam Indonesia terdapat beberapa metode transfer dana antar bank, yaitu Real Time Gross Settlement, Sistem Kliring Nasional Indonesia atau Lalu Pantas Giro, dan Real Time Online. Nah kalo BPK ini tugasnya adalah sebagai auditor akuntansi/keuangan negara. Oleh sebab itu para petugas BPK inilah yang memperhatikan laporan per-ekonomian setiap kementerian dan pembahasan negara dan mereka punya hak untuk mempertanyakan laporan-laporan yang dianggap mencurigakan.

Terus dibanding mana sih pemerintah menyubsidi semua pelaksanaan program-program sikap itu? Pemerintah melalui Bank Indonesia emang bisa saja nyetak Rupiah, tapi kalo sembarangan nyetak duit, dampaknya bisa fatal banget tentang perekonomian Indonesia. Makanya manfaat eksekutif pemerintahan sebuah negeri tuh dibagi-bagi menjadi bermacam-macam kementerian dan lembaga yang masing-masing punya bagian spesifik untuk tugas dan tanggungjawabnya. Misalnya aja ada kementerian pertanian yang tugas utamanya ngurusin hal-hal yang terkait dengan sama kegiatan pertanian, tipar dan peternakan, yang nantinya akan jadi sumber benda pangan kita semua. Terus ada kementerian hukum guna memastikan hukum di semesta kita ini berjalan secara baik. Ada kementerian nautikal dan perikanan untuk kegiatan yang berhubungan dengan maritim, dan banyak lagi kementerian-kementerian lainnya. Secara teknis, sebetulnya masih ada banyak hal lain yang belum disebutkan, seperti jaminan keamanan, penegakan hukum, stabilitas ekonomi, ketahanan pangan, dan masih banyak lagi.

Untuk sebagian masyarakat, bisnis topeng kain jadi penyelamat pada tengah kondisi finansial pandemi yang kurang menguntungkan. Tapi wacana standarisasi kini memproduksi mereka pucat pasi.

Apa aja agaknya yang menjadi prioritas dibanding pemerintah Indonesia dalam rangka melaksanakan tugas dan kewajibannya? Yuk kita mulai telusuri dari beberapa data dengan tersedia. Berikut adalah notifikasi negara Indonesia mengenai kuota dari APBN tahun 2016 yang lalu. Selanjutnya uang yang ditransfer, dipindahkan atas kebeberapa nama orang unik, termasuk keterdakwa sendiri. Hendak tetapi uang dengan jumlahnya besar itu, digunakan guna membayar hutang pribadinya tidak, untuk membayar uang pelaksanaan. Asal tahu saja, BI sendiri menyiapkan uang tunai sebesar Rp101 triliun untuk kebutuhan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kebutuhan uang tunai ini mengalami peningkatan sekitar 10, 3 persen dibandingkan secara tahun lalu yang sejumlah Rp91, 7 triliun.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>